Senin, 29 Oktober 2012

Web Browser


Halooo, blog mania... kali ini saya kembali dengan beberapa info menarik tentang web browser atau search engine..

search engine sendiri berarti mesin pencarian..

nah di bawah ini ada beberapa macam search engine yang akrab dipakai oleh kalangan remaja di sekolah saya,... check it out :D


  1. Internet Explorer : Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu. Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.

  2. Mozzila Firefox : Awalnya bernama Phoenix, dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird, adalah aplikasi penjelajah web antarplatform bersifat gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla, dan ratusan sukarelawan. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. saat tulisan ini dibuat, Mozilla Firefox sudah mencapai versi 3.6.6. 

  3. Opera : Yang dimaksud Opera atau yang biasa disebut peramban web yaitu paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera (peramban web) terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Jadi dapat diartikan Peramban Web adalah kumpulan dari perangkat lunak. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di kota Oslo negara Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux. Opera dikenal luas karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh pramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME. Menurut definisi saya penggunaan pangsa Opera ini bisa dibilang tidak luas banyak pemakainya dikarenakan pangsa Google lebih banyak diminati oleh kalangan seluruh dunia dalam segi perangkat komputer, namun bila untuk pangsa perangkat mobile Opera lebih unggul pemakainnya di seluruh dunia. Sekitar 120 juta ponsel bahkan sudah lebih dari jumlah tersebut telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya. Opera adalah satu-satunya penjelajah web komersial yang tersedia untuk Nintendo DS dan Wii. Beberapa televisi memiliki browser Opera dalam set-top box atau kotak pengaturannya.

    4. Google chrome adalah sistem operasi sumber terbuka yang dirancang oleh Google Inc.  untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web.  Google Chrome OS diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009, dan versi stabilnya akan diluncurkan umum pada paruh kedua tahun 2010.  Sistem operasi ini berbasis Linux dan hanya akan berjalan pada pada perangkat keras yang dirancang khusus.  Antarmuka  penggunanya dirancang mengambil pendekatan minimalis, seperti penjelajah web Google Chrome. Sistem operasi ini ditujukan bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet.

    Memperkenalkan Google Chrome OS (google translate version)

    Sudah sembilan bulan yang menyenangkan sejak kami meluncurkan browser Google Chrome. Sudah, lebih dari 30 juta orang menggunakannya secara teratur. Kita dirancang Google Chrome untuk orang-orang yang tinggal di web – mencari informasi, memeriksa email, menyusul di berita, belanja atau hanya tetap berhubungan dengan teman-teman. Namun, sistem operasi dijalankan pada browser yang dirancang di era di mana tidak ada web.

8 komentar: