Jumat, 19 Oktober 2012

Pidato Bahasa Indonesia


Pengaruh Teknologi terhadap Dunia Pendidikan



Om Swastyastu,
Salam sejahtera bagi kita semua
Ibu Guru beserta teman – teman yang saya hormati, pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan YME karena berkat rahmat-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato dengan tema pengaruh teknologi terhadap dunia pendidikan.
Hadirin yang saya muliakan, dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi yang sangat cepat telah mampu mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual dan elektronik, tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu diantaranya melalui jaringan Internet.
Teknologi internet tentu sudah akrab dalam kehidupan kita sehari – hari. Bahkan banyak di antara kita yang sudah mulai bergantung pada teknologi ini. Sejak kehadirannya, internet terus memikat untuk dieksplorasi, digali serta dikembangkan oleh para ahli.
Semakin hari jaringan internet berkembang bagaikan magnet besar yang kuat. Media ini merupakan gerbang informasi dan komunikasi yang sangat luas yang tentu berperan dalam dunia pendidikan. Artinya, semua  layanan yang tersedia di internet dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun juga. Informasi di internet diperbaharui setiap detiknya. Selain itu, internet juga memberikan kemudahan bagi para pembaca dibandingkan perpustakaan biasa karena pengakses tidak perlu lagi bersusah payah mencari bacaan yang ia cari. Cukup mengetik kata kunci, maka apa yang ia cari akan ditampilkan.
Situs – situs pendidikan yang dapat diakses antara lain : www.e-dukasi.net, www.iptek.net.id, www.infokomputer.com.
Siswa dan guru dapat mencari materi, soal – soal, atau berdiskusi lewat berbagai layanan yang tersedia, termasuk juga membuka buku sekolah elektronik (bse) yang telah diluncurkan Pemerintah kita.
            Hadirin yang berbahagia, teknologi dapat diibaratkan pedang bermata dua, bergantung kepada siapa yang menggunakannya. Teknologi dapat sangat bermanfaat dengan memberi berbagai kemudahan kepada manusia namun juga sebaliknya dapat digunakan untuk melakukan kejahatan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab seperti melakukan penipuan lewat internet. Oleh karena itu, kita sebagai orang terpelajar, seharusnya dapat memilah dan memilih fitur dan situs yang memang baik dan bermanfaat positif bagi diri kita.
Hadirin yang saya cintai, demikianlah yang dapat saya sampaikan. Semoga segala sesuatu yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata saya ucapkan paramasanti,
“Om Santih, Santih, Santih Om”








Tidak ada komentar:

Posting Komentar