Senin, 26 Desember 2011

Etos Kerja

Etos kerja adalah sikap dan perilaku sebagai pencerminan dari semangat kecintaan, kedisiplinan, kepatuhan/loyalitas dan pencerminan terhadap kemajuan hasil kerja atau belajar.
v Etos kerja disepadankan dengan istilah budaya kerja, dapat pula diartikan dengan semangat kerja.
v Secara umum, etos kerja dapat diartikan semangat berpartisipasi.
v Contoh etos kerja bagi pelajar :
1.    Membantu pekerjaan rumah
2.    Mengerjakan PR
3.    Belajar dengan sungguh – sungguh
4.    Memanfaatkan waktu dengan baik
v Manusia sebagai makhluk yang sempurna memiliki kelebihan dari makhluk yang lainnya, yaitu pikiran.
v Pepatah Rajin Pangkal Pandai artinya, siapa yang rajin belajar ia akan menjadi pandai.
v Dalam sajak Wiwekananda dijelaskan bahwa kewajiban dalam hidup ini adalah tetap bekerja dan berjuang agar tetap menjasdi satu Kebenaran. “ Kewajiban hidup ini sungguh menyakitkan sekali. Dan keenangannya senantias mengapung, mengambang, dan sia-sia.  Tujuannya demikian gelap dan suram amat, meski demikian bantinglah tulang, maju terus melalui jalan gelap”.
v “Bekerjalah seperti yang telah ditentukan, sebab bekerja lebih baik dari pada tak bekerja, kalau engkau tak bekerja, hidup sehari-hari pun tak mungkin” ( Bahagawadgita Sloka VIII.8). Hal tersebut menyatakan bahwa masing-masing orang dalam hidup ini mempunyai tugas pekerjaan yang ditentukan sesuai dengan bakat dan pilihannya sejak kecil.
v “ Kecuali tujuan untuk berlokasi, dunia ini dibelenggu oleh hukum kerja, karenannya bekerjalah demi bhakti, tanpa kepentingan pribadi, Oh Kunti Putra. (Bhagawadgita, VIII,9). Hal tersebut mengandung makna bahwa semua pekerjaan harus dilaksanakan dengan semangat pengabdian berbhakti kepada Tuhan Yang Maha Esa. Makna nilai-nilai kerja ini menunjukkan tuntunan penghetahuan terhadap kita semua, khususnya para pelajar harus memiliki semangat belajar yang tinggi. Dengan rajin belajar kita menunjukkan rasa bhakti terhadap orang tua, guru, dan TYME. Yang nantinya akan menjadi bekal untuk menggapai cita-cita kita.


















































 

Penutup

a.         Kesimpulan :
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa berapa pentingnya kita mempelajari tentang etos kerja. Etos kerja merupakan salah satu nilai budi pekerti yang berarti sikap dan perilaku sebagai pencerminan dari semangat kecintaan, kedisiplinan, kepatuhan/loyalitas dan pencerminan terhadap kemajuan hasil kerja atau belajar untuk membentuk pribadi yang mandiri sehingga menjadi manusia yang berguna, membangun diri dan bangsanya untuk mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar