Jumat, 19 Oktober 2012

Energi Alternatif, Hemat Sumber Daya


Temen2 semua pasti tahu kan, energi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari tentu  makin lama makin berkurang, mungkin akan mengalami kelangkaan bahkan mungkin habis tanpa sisa. Contohnya energi listrik. Jika penggunaannya tidak dihemat atau diganti dengan menggunakan energi alternatif dari sekarang, apa kalian mau suatu saat nanti, dunia kita ini menjadi gelap gulita karena tidak ada listrik??? Pasti kalian ga mau kan.... Nah, untuk mencegahnya, terlebih dahulu diperlukan kesadaran dari diri kita masing- masing. Selanjutnya, kita perlu memikirkan energi pengganti dari saat ini juga.
Beberapa contoh sumber energi alternatif yang telah dimanfaatkan di dunia untuk menjadi energi listrik antara lain:
1.     MATAHARI
Tahukah kalian??? Negara kita yang berada di sekitar garis khatulistiwa dan beriklim tropis sangat cocok menggunakan energi alternatif matahari. Apabila kamu tergolong keluarga kalangan atas, ada baiknya kamu coba menggunakan atap yang terbuat dari sistem tenaga surya yang dikenal dengan sebutan sel fotovoltaik.
Harganya memang tidak murah, untuk atap dengan ukuran standar mencapai Rp 200 juta. Tetapi dengan system atap ini, tentu sangat dapat mengurangi tagihan listrik , apalagi dengan system tagihan PLN seperti saat ini. Sehingga keluargamu dapat menghemat tagihan listrik nantinya.
2.     ANGIN
Energi angin sekarang udah lumayan banyak dimanfaatkan oleh manusia. Tenaga kinetik angin digunakan sebagai pemutar angin dengan menggunakan turbin angin baik untuk di rumah maupun untuk keperluan bisnis. Satu turbin dapat menghidupi listrik hingga 30 rumah lho.. Lumayan banyak kan.. Saat ini di Indonesia, energi alternatif angin masih dalam proses pengembangan dan percobaan. Energi angin diubah menjadi energi listrik oleh semacam konverter yang rencananya akan dipasang di setiap rumah penduduk untuk menampung energi yang didapat dari angin. Energi listrik yang dihasilkan kemudian  dijual ke PLN setempat. Jadi nantinya masyarakat tidak akan mengeluarkan biaya untuk membeli listrik namun justru mendapatkan tambahan pendapatan dengan menjual energi yang didapat di rumahnya masing – masing. Bermanfaat sekali kan??
3.     NUKLIR
Dengan bahan bakar uranium, logam yang ditemukan di bebatuan dan diproses di reaktor nuklir menghasilkan energi panas yang akan digunakan sebagai bahan untuk memutar turbin yang ada. Sumber energi ini tidak melepaskan emisi gas rumah kaca. 20% sumber energi listrik di Amerika telah menggunakan energi nuklir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar