Minggu, 21 Oktober 2012

Info Kesehatan


Madu, Si Manis yang Kaya Manfaat

Madu merupakan cairan kental yang diproduksi oleh lebah dan memiliki rasa yang manis. Lebah mengambil sari-sari dari bunga dan tumbuhan yang kemudian dibawa ke sarang mereka. Dan akhirnya menghasilkan madu.
Selama berabad-abad, madu dikenal memiliki beragam manfaat yang menyehatkan. Bahkan Cleopatra yang dikenal sebagai perempuan yang tercantik di masanya pun selalu mencampur madu ke dalam air mandinya untuk menjaga kecantikannya.
Namun, benarkah madu bisa menjaga kesehatan tubuh?
Kandungan madu menurut USDA Nutrient database, nilai gizi madu per 100 g, energy 304 kkal, karbohidrat 82,4 g, gula 82,12 g, serat 0,2 g, lemak 0 g, protein 0,3 g, air 17,10 g, riboflavin (vitamin B2) 0,038 mg (3%), niacin (vitamin B3) 0,121 mg (1%), asam pantotenat (vitamin  B5) 0,068 mg (1%), vitamin B6 0,024 mg (2%), folat (vitamin B9) 2 mg (1%), vitamin C 0,5 mg (1%), kalsium 6 mg (1%), besi 0,42 mg (3%), magnesium 2 mg (1%),  fosfor 4 mg (1%), potassium 52 mg (1%), sodium 4 mg (0%), zinc 0,22 mg (2%).
Manfaat madu atau khasiat madu untuk kesehatan antara lain :
1.      Madu sebagai pemanis
Gula dapat digantikan dengan madu di berbagai makanan dan minuman. Madu mempunyai komposisi sekitar 69% glukosa dan fruktosa gula, yang memungkinkan digunakan sebagai pemanis pengganti gula. Dan sangat baik untuk kesehatan manusia.
2.      Madu sumber energi
Madu juga digunakan sebagai sumber energi yang menyediakan sekitar 64 kalori per sendok makan.
3.      Madu dapat mengurangi berat badan
Walaupun madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, madu jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam menyerap lemak yang disimpan dalam tubuh Anda. Demikian juga madu dicampur dengan air jeruk dan madu dengan kayu manis membantu mengurangi berat badan. Karena madu meskipun di campur dengan apapun pasti akan tetap cocok.
4.      Madu untuk menambah stamina
Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan performa (ergogenic) bantuan yang sangat baik dan membantu dalam mendorong performa atlet. Madu memudahkan dalam menjaga gula darah penyembuhan otot dan pemulihan setelah latihan karena mengandung 354 kkal.
5.      Madu sebagai sumber vitamin dan mineral
Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan gizi vitamin dan mineral yang terdapat pada madu tergantung pada nektar apa yang dihisap oleh lebah madu tersebut.
6.      Madu mempunyai sifat antibiotik
Madu dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan bagi manusia tanpa efek samping.
7.      Madu sumber antioksidan.
Madu mempunyai kandungan nutraceuticals, yang efektif dalam mengeluarkan radikal bebas dari tubuh kita. Hasilnya, kekebalan tubuh akan meningkat. Dan membuat badan kita tidak mudah sakit.
8.      Perawatan kulit yang sehat dengan susu dan madu.
Susu dan madu sering disebut bersama-sama sebagai bahan utama yang menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Oleh karena itu di berbagai negara susu dan madu banyak dikonsumsi oleh masyarakatnya.
9.      Mengobati jerawat
Menurut penelitian awal, madu jenis Manuka dan Kanuka efektif mengatasi jerawat vulgaris, yakni gangguan kulit yang disebabkan oleh inflamasi dan infeksi folikel pilosebaceous di wajah, punggung, atau dada

Khasiat madu memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Madu merupakan bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti penggunaan obat berbahan kimia. Madu bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Jadi tunggu apalagi? Gunakan madu yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar