Jumat, 19 Oktober 2012

Contoh Tajuk Rencana


Kurang Komunikasi, Kepala Sekolah Terdesak
Keluhan bertubi – tubi datang menghampiri. Banyak pihak dari siswa maupun orang tua siswa yang mengatakan bahwa harga paket study tour SMA sebesar Rp 2.780.000,00 memang mahal. Keluhan ini pun dilontarkan dalam bentuk aksi demonstrasi siswa kelas XII.
Di sisi lain, sekolah kerap disinyalir sebagai tempat yang rawan terjadinya penyelewengan dana. Terlebih dengan sekolah memiliki kebijakan otonom, maka sekolah tak jauh berbeda dengan perusahaan. Sekolah pun memiliki hak untuk mencari dana sendiri untuk memenuhi segala kegiatan operasionalnya apabila memang dirasa kurang. Dan jika memungkinkan sekolah bisa memperoleh keuntungan yang besar layaknya perusahaan.
Benar adanya bila masalah ini menimbulkan kecurigaan di benak siswa dan orang tua siswa. Kecurigaan terhadap pihak travel, sekolah dan hotel. Segala rincian biaya paket study tour yang akan dipungut dari siswa seyogyanya diinformasikan dan dikomunikasikan dengan baik oleh pihak sekolah. Sehingga diharapkan nantinya tidak akan terjadi lagi konflik antara pihak kepala sekolah dengan siswa.
Diharapkan pula pihak sekolah mengadakan suatu diskusi mengenai biaya study tour dengan siswa atau dengan orang tua siswa sebelum menetapkan biaya. Kritik dan saran siswa maupun orang tua siswa juga tak boleh dipandang sebelah mata agar tak memicu kecurigaan yang berlanjut dan aksi demonstrasi dapat terhindarkan.
Pihak sekolah harus mampu mendengar segala keluhan, masalah, kritik serta saran dari pihak siswa. Pihak sekolah juga sebaiknya secara proaktif mencari solusi untuk menangani masalah dan kritik siswa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar